3 Jenis Buah Iblis di One Piece

3 Jenis Buah Iblis di One Piece

 

#3. Zoan

Hasil gambar untuk marco phoenix

Rob Lucci – Marco – Sengoku [Zoan Users]
Zoan merupakan jenis buah iblis yang bisa membuat penggunanya berubah bentuk menjadi hewan atau spesies lain tergantung seperti apa buah iblisnya. Dikatakan kalau buah iblis tipe Zoan ahli dalam bertarung jarak dekat karena pada dasarnya hewan merupakan spesies pemburu jarak dekat.
Sama dengan jenis buah iblis lainnya, Zoan juga banyak loh memiliki kekuatan berbeda tergantung dengan kekuatan hewan apa yang ada pada buah iblis tersebut. Contohnya adalah salah satu komandan divisi Shirohige yaitu Marco yang dapat berubah bentuk menjadi Phoenix.
Berbeda dari yang lain, buah iblis milik Marco dikatakan langka dan mungkin mahal jika dijual karena pada dasarnya burung Phoenix hanyalah legenda bahkan di dunia One Piece. Tipe Zoan memiliki 3 macam efek yaitu bentuk alami manusia, bentuk alami hewan, dan bentuk full binatang.
Terus siapa saja yang bisa menggunakan iblis tipe Zoan ini? Dalam cerita, manusia, hewan, dan benda mati dikatakan bisa menggunakan buah iblis tipe Zoan dan semua itu sudah ditampilkan dalam anime. Ada juga yang dikatakan sebagai Zoan Kuno, artinya buah iblis yang memiliki kekuatan hewan kuno seperti Dinosourus oleh X Drake dan Marco masuk dalam kategori Zoan Mitologi.


Hasil gambar untuk kaidoKaido [?] – Marco [Zoan]
Berbeda dari yang lain, buah iblis milik Marco dikatakan langka dan mungkin mahal jika dijual karena pada dasarnya burung Phoenix hanyalah legenda bahkan di dunia One Piece. Tipe Zoan memiliki 3 macam efek yaitu bentuk alami manusia, bentuk alami hewan, dan bentuk full binatang.
Terus siapa saja yang bisa menggunakan iblis tipe Zoan ini? Dalam cerita, manusia, hewan, dan benda mati dikatakan bisa menggunakan buah iblis tipe Zoan dan semua itu sudah ditampilkan dalam anime. Ada juga yang dikatakan sebagai Zoan Kuno, artinya buah iblis yang memiliki kekuatan hewan kuno seperti Dinosourus oleh X Drake dan Marco masuk dalam kategori Zoan Mitologi.
Semua jenis buah iblis mampu ditingkatkan kekuatannya dengan cara latihan. Untuk Zoan sendiri, bisa ditingkatkan oleh penggunanya dengan latihan seperti misalnya Chopper yang bisa mendapatkan sampai tujuh bentuk perubahan yang pada dasarnya tipe Zoan hanya memiliki tiga bentuk dasar. Nah kan binatang ada beberapa jenis lagi tuh, tentu saja tak berbeda jauh dengan pemahaman Zoan.
Seperti pada dasarnya hewan, tipe Zoan juga memiliki berbagai macam klasifikasi. Ada beberapa macam Zoan yang diketahui yaitu Herbivora, Omnivora, Karnivora, Zoan Kuno, Zoan Level Up, Zoan Mitologi. Yosh, jadi kesimpulan pembahasan Zoan di atas adalah tipe Zoan merupakan buah iblis yang bisa membuat penggunanya menggunakan kekuatan spesies apa yang ada di buah iblis tersebut. Mereka sangat ahli dalam pertarungan jarak dekat dan fisik tapi pada dasarnya, mereka tidak bisa menggunakan kekuatan seperti sihir dan semacamnya.

#2. Paramecia

Hasil gambar untuk trafalgar law cool

Newgate – Bigmom – Luffy – Law [Paramecia Users]
Nah kalau jenis yang satu ini dimiliki oleh Gomu Gomu no Mi milik kapten kita Luffy. Dari kedua jenis buah iblis lainnya, Paramecia paling sering ditemukan di dunia One Piece. Buah iblis ini akan memberikan kekuatan pada tubuh penggunanya namun masih memiliki bentuk awal. Seperti Luffy yang menjadi manusia karet namun masih berbentuk manusia, berbeda dengan jenis Zoan yang memang berubah bentuk menjadi setengah hewan atau full hewan.
Lebih tepatnya sih buah iblis ini akan memberikan kekuatan super bagi pengguna namun masih menggunakan bentuk manusia. Namun dengan adanya latihan dan kemampuan khusus dari buah iblis tersebut, beberapa pengguna Paramecia bisa berubah bentuk ke bentuk lain. Mungkin sedikit mirip dengan tipe Logia, namun Logia lebih mengarah ke elemen-elemen yang tidak ada pada Paramecia dan Zoan.


Hasil gambar untuk one piece latihanDengan latihan, Paramecia bisa menjadi ancaman besar
Berbeda dengan Zoan dan Logia yang pada dasarnya memiliki kekuatan yang besar, pengguna Paramecia cenderung lebih lemah dalam hal kekuatan. Namun dengan adanya latihan buah iblis yang ditingkatkan serta kemampuan strategi si pengguna dalam bertarung, para pengguna Paramecia bisa sangat berbahaya bahkan jika berhadapan jarak dekat dengan Zoan. Buah iblis jenis ini juga dikenal banyak ditemukan dan mudah dimakan oleh orang yang memiliki fisik lemah sekalipun.

#3. Logia


Hasil gambar untuk devil fruit df logiaAce – Smoker – Teach – Akainu [Logia Users]
Pengguna buah iblis jenis Logia sering dianggap menjadi karakter kuat dan memang di cerita One Piece, orang-orang dengan buah iblis Logia sangat lah kuat. Apalagi ditambah dengan latihan yang bisa membuat penggunanya semakin kuat. Logia merupakan salah satu jenis buah iblis yang memberikan kekuatan unsur alam bagi penggunanya.


Hasil gambar untuk god enelGod Enel, Logia petir dengan kekuatan dahsyat
Contohnya adalah kekuatan petir yang dimiliki oleh Enel, asap oleh Smoker, atau es oleh Aokiji. Berhadapan secara langsung dengan para pengguna Logia menggunakan senjata tanpa Haki sama halnya dengan bunuh diri. Para pengguna Logia bisa merubah seluruh tubuhnya sesuai dengan unsur buah iblis yang dimilikinya seperti Ace yang bisa berubah bentuk menjadi api. Karena itulah melawan pengguna Logia menggunakan senjata itu percuma karena hanya akan melalui tubuhnya.

Siapa yang Terkuat?

Hasil gambar untuk luffy vs enel

Luffy [Paramecia] vs Enel [Logia]
Untuk menentukan tipe buah iblis mana yang terkuat sebenarnya tergantung oleh penggunanya. Namun pada dasarnya, tipe Logia dianggap menjadi jenis buah iblis terkuat karena kekuatan alam hampir mustahil diatasi oleh manusia seperti halnya Enel yang sulit diatasi oleh tim Topi Jerami waktu Arc Skypiea. Tapi ada yang disebut “Musuh alami” yang membuat keseimbangan kekuatan para pengguna buah iblis terjaga.
Seperti saat kekuatan petir Enel tidak mempan dengan tubuh karet Luffy karena pada umumnya karet memang tidak bisa mengalirkan listrik. Begitu juga dengan kekuatan Bara-Bara no Mi (Berpisah-pisah) oleh Buggy yang tak bisa dipotong oleh orang lain bahkan Mihawk sekalipun karena pada dasarnya kekuatannya bisa memisahkan tubuh (Mungkin secara otomatis atau sesaat sebelum) musuh menyerang Buggy.


Hasil gambar untuk bara bara no mi
Bara-Bara no Mi milik Buggy bisa mengatasi tebasan maut Mihawk
Selain itu, setiap orang memiliki kelemahan masing-masing khususnya para pengguna buah iblis yang takluk pada kekuatan air laut dan tentu saja masih ada kelemahan individu lainnya. Karena itulah di One Piece, karakter lemah bisa saja menyudutkan karakter kuat. Kembali ke topik utama, jenis buah iblis mana sih yang paling kuat? Menurut Sakuranime sendiri yang terkuat adalah Tipe Logia.

Komentar

Postingan Populer