RETRET


Retret

Pada tanggal 20-22 dari hari rabu sampai jumat SMP Stella Maris mengadakan retret kami berangkat dari sekolah pada pukul:07:00 dan perjalananan kita dari sekolah sampai ke tempat retret selama 3 jam bisa lebih atau bisa kurang sesampainya kami di tempat retret kami dikumpulkan di ruang meeting disini kita diperkenal kan oleh suster dan kami diberi peraturan seperti makan atau snack hanya boleh dimakan di tempat makan dan beberapa peraturan setelah peraturan kita semua dibagikan kamar dengan 2 orang-3orang dalam kamar tersebut.

kami tidak bisa memilih akan tidur dengan siapa karena sudah dibagi kita harus bersosialisasi dengan siapa pun yang sekamar dengan kita,kita tidak dapat menolak karena tidak mengenal orang yang sekamar kita teman kamar selama 3 hari dan kita akan berteman dengan mereka.setelah dibagi kamar kita disuruh untuk siap siap di kamar masing masing dengan mempersiapkan barang barang untuk dibereskan didalam kamar.

Setelah kami semua beres beres di kamar masing masing kami semua makan siang dan kami di retret ini diajarkan untuk tidak egois dan menunggu dan menggumpulkan piring dan gelas setelah teman teman di kelompok kami sudah selesai makan.
Setelah kami makan siang kami ada sesi pertama dan kami dikenal kan oleh kak ollyn dan temannya kak frans mereka berdua berasal dari bandung,dan kami diberitahu bahwa retret bukan untuk bercanda saja tetapi sesuatu yang serius dan untuk menguatkan iman kita didalam retret ini.
Di retret ini kita tidak membedakan agama karena semua agama bisa mengikuti retret karena walaupun berbeda agama harus tetap menjadi agamanya lalu kita di sesi pertama ini diajarkan tentang keheningan,keterbukaan ,kedisiplinan,kerja sama.
Setelah sesi pertama kami diadakan istirahat untuk siang hari saat jam 4 ini digunakan untuk bersiap siap dan mandi dan jam 4 kita di adakan snack saat jam istirahat ini kita bebas melakukan apa saja asalkan kan tidak membuat keributan di area retret ini.saat jam snack kita diberi makanan ringan dan bisa makan snack yang sudah dibawa dari rumah.

Saat hari pertama di malam hari kita berdoa sebelum tidur dan itu dilakukan bergiliran setiap orang doa ini tidak perlu panjang panjang tetapi tulus dari hati.banyak dri kami hanya mengungkapkan rasa syukur dan banyak juga yang meminta perlindungan selama kami beristirahat ssaat jam 10:00 kami dibangunkan jam 5:30 dan kami di suruh untuk mandi pagi sebelum melakukan kegiatan.
Saat pagi pagi kami semua berkumpul di ruang doa untuk melakukan doa setelah kami selesai berdoa kami semua diajak untuk makan pagi dan setelah makan pagi itu ada sesi yang kami dibuat dalam beberapa kelompok dan pembagian kelompok itu di hitung 1 sampai 7 untuk mengacak kelompok dan dikelompok ini lah kita melatih kerja sama masing masing kelompok.
Setelah sesi ini kita mengadakan sebuah game yang dibuka dengan pemanasan kita diajak untuk joget dengan lagu chocolate jika ada yang tidak ikut joget maka orang itu akan joget di depan sendirian maka mau tidak mau kita semua harus mengikuti gerakan dari lagu chocolate tersebut.
Lalu kak ollyn melakukan sebuah games yang pertama menggunakan balon kita mengambil balon dari barisan yang di depan melalui rintangan melalui atas kepala setelah itu kami harus membawa balon itu ke depan lagi dengan beberapa rintangan seperti membaa balon ke depan lagi dengan merangkak dan berjalan dibawah orang yang didepannya sampai depan.
Setelah rintangan balon ada rintangan hulahup yang mengharuskan kita melawati hulahup itu dengan beberapa seperti memasuki hulahup itu dengan cepat dan harus bergantian dengan orang berikutnya dengan bertos tangan dengan orang selanjutnya ada juga harus 2 sampai semua orang dalam kelompok memasuki hulahup itu dengan waktu yang sangat cepat.
Setelah kegiatan yang melatih kekompakan tim kami diajak untuk makan siang dan setiap kelompok bergilir dalam memimpin doa setelah ini kami istirahat untuk mempersiapkan seperti mandi atau tidur sampai jam 4.
Setelah kami semua beristirahat kami snack sore setelah itu kami melanjutkan sesi tentang karakter yesus : penuh pengampunan,pendoa lalu kita dijelaskan tentang film the young messiah lalu beriman itu tidak seperti beragama kalau beriman adalah menjadi seperti yesus dalam sikap,kata,harapan kalau beragama adalah ritual,larangan,pemerintah,ibadah lalu saat malam kami merenungkan tentang orang tua kami yang telah bekerja keras untuk kehidupan kami walaupun kami sering membantah mereka.
Kami perkelas membicarakan tentang kerisauan kami selama ini di malam hai ini setelah merenungkan kami semua beristirahat.
saat pagi jam 9 kami mengadakan  misa di ruang doa lalu kami semua mengucapkan terima kasih terhadap kakak kakak dan para suster yang sudah membimbing kami selama 3 hari lalu kami menaiki bus untuk kembali ke sekolah.
Kami makan siang didalam bus selama perjalanan.

Komentar

Postingan Populer